Jumat, 22 Juni 2012

Konsep Dasar Kestabilan Sistem

Kestabilan suatu peralatan atau sistem secara umum dapat didefenisikan sebagai probabilitas suatu alat atau sistem untuk menyelenggarakan tujuannya secara cukup untuk periode waktu tertentu dan kondisi operasi tertentu ".

Dari defenisi diatas untuk melakukan analisa kestabilan terhadap keandalan suatu system maka terdapat empat unsur yang penting di analisa.

Ø Probabilitas
Ø Kecukupan performance
Ø Waktu
Ø Kondisi operasi

Untuk kepentingan konsumen dalam penyaluran listrik yang handal, factor utama yang dijadikan tolok ukur adalah frekuensi dari gangguan, durasi dari tiap gangguan dan harga suatu tempat konsumen atas suplay listrik pada saat suplay tidak tersedia.

Faktor yang Mempengaruhi Keandalan Sistem Distribusi

Keandalan sebuah sistem distribusi pada dasarnya ditentukan oleh hal‑hal sebagai berikut :
Ø Konfigurasi dari sistem distribusi
Ø Keandalan masing – masing komponen yang menyusun sistem distribusi tersebut.
Ø Pengaturan operasi saluran distribusi

keandalan dari masing ‑ masing komponen distribusi tersebut dapat dilihat dari kegagalan yang terjadi dari komponen itu sendiri. Terjadinya kegagalan komponen distribusi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang antara lain.
  1. Faktor dalam yaitu kegagalan yang terjadi karena kondisi komponen itu sendiri seperti sambungan kabel yang tidak sernpurna, isolasi buruk dan lain‑lain. 
  2. Faktor luar : yaitu kegagalan yang terjadi diluar seperti tingginya kelembaban pada gardu, pencemaran udara, dan lain‑lain.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar