Pengendalian Kecepatan Motor
Akan menjadi jelas bahwa
faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan motor, jika persamaan untuk
GGL lawan digabungkan dengan persamaan motor fundamental, maka hasilnya adalah
:
Persamaan tersebut diatas
merupakan persamaan kecepatan motor. Dari persamaan tersebut dapat dilihat
bahwa kecepatan motor n bergantung pada empat variabel yaitu :
-
Fluks
medan
-
Tahanan
Jangkar (Ra)
-
Tegangan
Jangkar (Vt)
-
Dan
Arus Jangkar.
Pengendalian kecepatan motor dapat dilakukan dengan
memanipulasi tiga dari variabel – variabel tersebut diatas secara manual maupun
otomatis. Arus jangkar Ia ditentukan oleh besarnya beban yang sedang dicatu
oleh jangkar motor dan oleh sebab itu tidak digunakan untuk pengendalian
kecepatan motor.
Terdapat 3 metode dasar
pengendalian kecepatan yaitu :
1. Pengendalian Fluks medan
2. Pengendalian Tahanan Jangkar
3. Pengendalian Tegangan Jangkar
- Pengendalian Fluks Medan
Arus Medan dan juga fluks
medan dalam motor shunt atau kompon telah siap diubah dengan mengatur tahanan
geser medan yang dihubungkan secara seri dengan medan shunt. Dengan demikian
menaikkan tahanan dalam rangkaian medan akan menyebabkan penurunan dalam fluksi
medan yang pada akhirnya akan menaikkan kecepatan, begitu pula sebaliknya jika
menurunkan tahanan dalam menyebabkan berkurangnya kecepatan motor.
- Pengendalian Tahanan Jangkar
Tahanan jangkar motor dapat
diubah dengan menambahkan tahanan variabel yang dihubungkan seri dengan jangkar
. Bila tahanan seri dinaikkan, maka tegangan jangkar akan berkurang sehingga
menyebabkan turunnya kecepatan motor. Demikian halnya jika bila tahanan seri
diturunkan maka kecepatan motor akan bertambah. Ini biasanya digunakan untuk
pengendalian kecepatan motor seri.
- Pengendalian Tegangan Jangkar
Mengubah tegangan yang
diberikan pada rangkaian jangkar adalah merupakan model pengendalaian Tegangan Jangkar. Sebelum
adanya komponen zat padat yang relatif tidak mahal, perlengkapan untuk catu
tegangan DC yang dapat diatur terasa sangat mahal. Oleh sebab itu untuk
mengendalikan motor – motor yang besar, maka pengendalian kecepatan dengan metode ini sebagian besar
terbatas pada sistem Ward-Leonard atau variasinya.
saya suka nih yang beginian,,udah lama gak baca2 materi motor dan kawan-kawannya..salam kenal yah..saya follo ,,follow baliknya di tunggu...:)
BalasHapushehe.. itung2 aplikasi ilmu. udah difollow tuh...
BalasHapusTerima kasih
BalasHapus