Senin, 05 Maret 2012

Pengendalian Motor DC


  Pengendalian Kecepatan Motor
       Akan menjadi jelas bahwa faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan motor, jika persamaan untuk GGL lawan digabungkan dengan persamaan motor fundamental, maka hasilnya adalah :

Persamaan tersebut diatas merupakan persamaan kecepatan motor. Dari persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kecepatan motor n bergantung pada empat variabel yaitu  :
-          Fluks medan
-          Tahanan Jangkar (Ra)
-          Tegangan Jangkar (Vt)
-          Dan Arus Jangkar.
Pengendalian  kecepatan motor dapat dilakukan dengan memanipulasi  tiga  dari variabel – variabel  tersebut diatas secara manual maupun otomatis. Arus jangkar Ia ditentukan oleh besarnya beban yang sedang dicatu oleh jangkar motor dan oleh sebab itu tidak digunakan untuk pengendalian kecepatan motor.
Terdapat 3 metode dasar pengendalian kecepatan yaitu :
1.      Pengendalian Fluks medan
2.      Pengendalian Tahanan Jangkar
3.      Pengendalian Tegangan Jangkar
  •             Pengendalian Fluks Medan

     Arus Medan dan juga fluks medan dalam motor shunt atau kompon telah siap diubah dengan mengatur tahanan geser medan yang dihubungkan secara seri dengan medan shunt. Dengan demikian menaikkan tahanan dalam rangkaian medan akan menyebabkan penurunan dalam fluksi medan yang pada akhirnya akan menaikkan kecepatan, begitu pula sebaliknya jika menurunkan tahanan dalam menyebabkan berkurangnya kecepatan motor.
  •        Pengendalian Tahanan Jangkar

Tahanan jangkar motor dapat diubah dengan menambahkan tahanan variabel yang dihubungkan seri dengan jangkar . Bila tahanan seri dinaikkan, maka tegangan jangkar akan berkurang sehingga menyebabkan turunnya kecepatan motor. Demikian halnya jika bila tahanan seri diturunkan maka kecepatan motor akan bertambah. Ini biasanya digunakan untuk pengendalian kecepatan motor seri.
  •        Pengendalian Tegangan Jangkar

Mengubah tegangan yang diberikan pada rangkaian jangkar adalah merupakan model  pengendalaian Tegangan Jangkar. Sebelum adanya komponen zat padat yang relatif tidak mahal, perlengkapan untuk catu tegangan DC yang dapat diatur terasa sangat mahal. Oleh sebab itu untuk mengendalikan motor – motor yang besar, maka pengendalian  kecepatan dengan metode ini sebagian besar terbatas pada sistem Ward-Leonard atau variasinya.


3 komentar:

  1. saya suka nih yang beginian,,udah lama gak baca2 materi motor dan kawan-kawannya..salam kenal yah..saya follo ,,follow baliknya di tunggu...:)

    BalasHapus
  2. hehe.. itung2 aplikasi ilmu. udah difollow tuh...

    BalasHapus